4 Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Rapi dan Wangi

Memiliki pakaian yang tetap rapi dan wangi adalah keinginan semua orang, terutama bagi Anda yang jenis pekerjaannya sangat berhubungan dengan kerapihan dan tatap muka bersama rekan kerja. Pakaian yang tidak rapi dan wangi akan menimbulkan kesan kurang disiplin sehingga dapat mengganggu performa bekerja serta bersosialisasi. Oleh karena itu, kelima tips dibawah ini sebaiknya Anda simak agar dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk merawat pakaian agar tetap rapi dan wangi.

  • Cucilan dan Jemur Pakaian Sesuai Label
    Pada umumnya, pakaian yang dibeli di toko akan memiliki label khusus yang berkaitan dengan cara mencucinya. Perhatikan baik – baik label tersebut. Ada jenis pakaian yang harus dicuci dengan air hangat, air panas atau tanpa air karena memiliki kandungan bahan tertentu. Tidak hanya itu, warna pakaian dan bahan pewarnanya juga perlu diperhatikan agar pakaian tidak kusut dan terkena noda luntur. Sebagian pakaian sepeti batik tulis sebaiknya tidak dijemur dibawah sinar matahari langsung. Sementara itu, pakaian berbahan jersey sebaiknya tidak digantung karena berat air akan membuatnya semakin melar. Pilihan detergen juga dapat mempengaruhi keawetan usia pakaian. Sebaiknya, pilih deterjen yang aman untuk kulit dan tidak terasa panas. Pada bilasan terakhir, gunakan pelembut pakaian yang memiliki keharuman natural dan tidak terlalu menyengat.
  • Menyetrika Secara Tepat
    Sebelum menyetrika pakaian, pastikan kondisinya sudah benar – benar kering. Pakaian yang masih lembap atau belum sepenuhnya kering akan menimbulkan bau apek saat digunakan. Lebih parah lagi, pakaian akan rawan terkena jamur jika menyerap keringan dalam keadaan lembap. Cairan pelicin pakaian juga dapat dimanfaatkan selama kandungannya tidak merusak bahan pakaian. Yang terpenting, kenali jenis bahan kain yang digunakan untuk pakaian sehingga pengaturan panasnya dapat dilakukan secara tepat.
  • Menyimpan dan Menggunakan Pakaian
    Seni menyimpan pakaian sebaiknya benar – benar dipahami semua orang agar pakaian yang lama tidak digunakan bebas dari kusut dan bau apek. Sebaiknya saat menyimpan pakaian harus berada dalam keadaan kering, sudah disetrika dan dilipat rapi. Lebih baik lagi jika lemari pakaian memiliki sirkulasi udara yang cukup dan dilengkapi dengan pewangi pakaian gantung atau kamper. Saat mengambil pakaian, sebaiknya lakukan dengan hati – hati dan jangan sampai pakaian menjadi berantakan, karena akan menyebabkan kusut.
  • Hal – Hal yang Perlu Dihindari
    Beberapa hal yang perlu dihindari adalah jika terkena noda, jangan sampai noda terlalu lama menetap pada pakaian. Pada saat menyetrika, hindari panas berlebih akibat kurang teliti saat membaca bahan kain. Lebih baik jika berkonsultasi dengan seseorang yang mengerti tentang jenis bahan tekstil. Selain itu, hindari juga penggunaan pewangi, pelicin maupun detergen yang kandungannya dapat menyebabkan pakaian luntur, kusam dan kusut permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *