Modifikasi Motor Dengan Box Tambahan, Bolehkah?


Beberapa orang melakukan modifikasi motor mereka dengan menambahkan box pada bagiang belakang kendaraan. Tujuanya, agar motor mereka bisa digunakan untuk membawa barang secara efisein dan mudah tanpa mengganggu pengendara. Maka tidak salah jika kabanyakan motor yang mengalami modifikasi semacam ini adalah motor yang sering digunakan untuk touring atau akan digunakan untuk perjalanan jauh. Box biasanya bisa menanmpung berbagai peralatan sehari-hari. Termasuk pakaian dan yang lainya.

Box yang memiiliki berbagai ukuran tersendiri. Ada yang besar dan ada yang kecil. Tentu saja saat memodifikasi dengan menambahkan box, selain memperhatikan sisi estetika, kita juga akan memperhatikan sisi muatan. Seberapa besar muatan yang bisa ditampung box. Sayangnya beberapa orang menambahkan box tanpa memperhatikan besaran box yang ditolerasi undang-undang. Jadi tahukan kamu kalau pemasangan box juga di atur dalam hukum tertulis?

Aturan Pemasangan Box

Jika kamu hendak memasang box, ada baiknya kamu perhatikan terlebih dahulu hukum yang tertulis di dalam undang-undang dan peraturan pelaksanaanya. Tepatnya pada Undang-Undang No 22 Tahun 2009 yang mengatur tentang lalu lintas dan angkutan umum. pada pasal 48 ayat (2) huruf kamu akan menemukan sebuah pasal yang mengatur detail toleransi box yang diperbolehkan.

Pemasangan box boleh selama lebarnya tidak melebihi tetuah sepeda motor, biasanya kamu bisa mengukurnya melalui lebar setang kemudi. Sementara untuk panjang menjulur kebelakangnya, boleh sepanjang apapun selama tidak mengubah panjang chasis dan box tidak mengubah pula jarak sumbuh dan konstruksi chasis. Hal ini sesuai dengan PP No 55 Tahun 2012 Pasal 131.

Daya angkut yang bisa ditampung dalam box juga wajib kamu perhatikan. Ingat bahwa daya angkut kendaraan motor roda dua maksimal adalah 250 Kg, jika berat motor sudah 120 kg, lalu berat pengendara plus pembonceng adalah 120 kg, maka maksimal daya angkut box hanyalah 10 kg. Jadi jika kamu hendak modifikasi motor dengan menambahkan box, jangan sampai beratnya melebihi 10 kg ya. Sebab kamu bisa kena pelanggaran lalu lintas karena box kamu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *